Hi, guest ! welcome to banditz-cyber.blogspot.com. | About Us | Contact | Register | Sign In

Jumat, 23 Maret 2012

Game Sederhana menggunakan Java

Bismillahirrahmanirahim,,.
suka bermain game,,?? bagaimana sih cara membuatnya. sekarang penulis sedikit berbagi mengenai cara pembuatan Game sederhana menggunakan Java, untuk lebih jelasnya langsung aja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini..



Tampilan Gamenya



Program terdiri dari 6 class. yaitu:

1. GUI.java
Class ini bertanggung jawab tentang form dan aksi-aksi interface yang ada di dalamnya. Oiya, untuk perhitungan koordinat waktu kita melakukan klik pada bola itu ada dalam fungsi berikut:
void klikKanvas() {
Objek.addMouseListener(new MouseListener() {
public void mouseClicked(MouseEvent evt) {
Objek.mouseClicked(evt);
xx = Objek.posX();
yy = Objek.posY();
int objekX = Objek.getX();
int objekY = Objek.getY();
if ((xx > objekX && xx <= objekX + 50) && (yy > objekY && yy <= objekY + 50)) {
player.setScore();
}
}
public void mousePressed(MouseEvent me) {
}
public void mouseReleased(MouseEvent me) {
}
public void mouseEntered(MouseEvent me) {
}
public void mouseExited(MouseEvent me) {
}
});
}

Koordinat lokasi bola ditentukan dengan variabel objekX dan objekY, sedangkan posisi kursor dengan variabel xx dan yy. Nah jika jika koordinat antara bola dan kursor sama maka logikanya kita berhasil memukul bola itu. TAPI, sulitnya adalah koordinat posisi bola tepat Berada di tengah bola. Adalah hal yang sulit bisa meng-klik bola tepat di tengahnya ditambah lagi bola itu bergerak secara acak. untuk itu, ditambahkan 50 pada posisi objek agar kita bisa mendapat skor jika memukul bola itu walaupun tidak pas di tengahnya.
2. Animasi.java
Class ini bertanggung jawab tentang animasi dan mengatur thread yang berjalan. Animasi ini mengatur objek bola agar bergerak secara random di dalam Canvas dan kecepatannya diatur oleh thread tadi.
3. level.java
Ini sebenarnya buat penanganan level. Jika mendapatkan skor tertentu, maka bisa ke level selanjutnya dengan kecepatan gerak bola meningkat. Tapi berhubung gagal, ya ane gak pake dulu. Silahkan dikembangkan :)
4. Objek.java
Class objek gunanya untuk menciptakan objek bola tadi sekalian mencatat koordinat tiap gerakan bola dalam kanvas.
5. Pemain.java
Class Pemain ini untuk mengidentifikasi pemain, yaitu nama dan skor.
6. Main.java
Main class untuk menjalankan program.
Sori nih gak bisa jelasin Source-nya satu-satu, ntar bisa jadi cerpen soalnya. So langsung aja download, pelajari, oprek, dan kembangkan ya. :) Jangan lupa harus sabar karena source code yang ada mungkin berantakan dan membingungkan. Tapi semoga saja bisa dikembangin lebih bagus lagi
Bravo IT Indonesia ^^b
Download Source Code Lengkap Game Pukul Bola Sederhana Menggunakan Java (Netbeans Project)

semoga bermanfaat deh
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))