Hi, guest ! welcome to banditz-cyber.blogspot.com. | About Us | Contact | Register | Sign In

Rabu, 28 Desember 2011

Setting Modem Smartfren AC682 di PCLinuxOS part II


Asslamu'alaikum
menulis kembali setelah mendapat ilmu sedikit dari tetangga sebelah, heheh
sebelumnya saya telah menulis cara Setting Modem Smartfren AC682 di PCLinuxOS menggunakan wvdial. dan untuk kali ini saya akan menulis kambali cara Setting Modem Smartfen AC682 di PCLinuxOS dengan menggunakan cara yang kedua yaitu menggunakan KPPP yang telah disediakan oleh PCLinuxOS. Langsung saja ke TKP.
1. seperti biasa kita buka terminal dan masukkan perintah lsusb, untuk mengetahui modem kita sudah terdetek atau belum,

2. Jika masih berstatus ffde, silahkan ketikkan perintah eject /dev/sr1, untuk merubah menjadi ffdd

3. Namun tunggu dulu, device tersebut belum terdapat di usbserial, artinya harus di modprobe dulu. Seperti gambar dibawah ini:

setelah di modprobe, lalu di dmesg | tail jika muncul report seperti gambar, maka modem sudah terdeteksi sebagai ttyUSB0. yang artinya device ini sudah siap dikoneksikan.

Perangkat ini sudah siap dikoneksian, silahkan menggunakan network center (analog modem), kppp, atau wvdial. Lalu untuk mengotomatisasi modprobe setiap restart edit dulu file /etc/rc.d/rc.local menggunakan text editor (kwrite,gedit,dll) lalu tambahkan seperti pada gambar berikut:
Jika sudah reboot, lalu eject kembali device, lalu lakukan dmesg | tail. jika muncul seperti pada gambar ke 4 berarti anda sudah tidak perlu melakukan modprobe manual tiap restart. modem sudah bisa langsung digunakan. Bagaimana dengan distribusi linux lain, caranya juga tidak jauh berbeda. :D

Semoga bermanfaat.


sumber
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))